Terpilih Aklamasi, Awang Lutfi Pimpin Forum PRB Kukar

Penulis: Muhammad Heriansyah

TENGGARONG – Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Kutai Kartanegara disosialisasikan dan resmi dibentuk di Tenggarong pada Hari Kamis (4/7/2024) oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Ruang Rapat Martadipura Lantai 1 Bappeda Kukar, dipandu Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kukar Setianto Nugroho Aji.

Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Suryotomo dan Sekjen Forum PRB Jawa Timur Catur Sudarmanto dihadirkan sebagai narasumber dengan dihadiri unsur Forkopimda dan tamu undangan baik dari instansi pemerintahan, perwakilan masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media massa. Acara berlangsung dengan diskusi interaktif dan tanya jawab serta paparan ulasan wawasan terkait kebencanaan.

Menjelang akhir kegiatan sosialisasi, seluruh tamu undangan yang hadir menunjuk Bapak Awang Muhammad Luthfi secara aklamasi untuk menjadi Ketua Forum PRB Kukar. Catur Sudarmanto berharap dengan terbentuknya Forum PRB maka penanganan bencana baik itu pra atau sebelum bencana, saat terjadi bencana dan maupun pasca pemulihan bencana akan lebih berjalan efektif.

“Terutama di upaya pemulihan bagi masyarakat terdampak itu harus segera dapat kepastian, bagaimana memulihkan hidup dan penghidupan mereka pasca bencana, dan tidak kalah penting bagaimana upaya-upaya mitigasi itu juga harus dilakukan,” kata Mbah Darmo, sapaan akrab Bapak Catur, Kamis (4/7/2024).

Sementara Bapak Awang M Luthfi menyatakan forum ini diisi unsur dari pentahelix yaitu pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi-pakar dan media yang harus berperan dalam menghadapi bencana terutama dalam upaya mengurangi risiko bencana sehingga keberadaan Forum PRB bisa jadi mitra pemerintah.

 “Baik itu BPBD, BNPB dan semua pihak karena dengan adanya forum maka ada banyak pihak yaitu masyarakat pihak ketiga, pihak keempat dan termasuk unsur perusahaan dan akademisi yang memberikan masukan jadi ini penting sekali kalau ada itu maka ada mitra pendamping dalam memberi masukan,” ujar Bapak Luthfi.

Setelah ditunjuk aklamasi sebagai ketua, Bapak Awang Luthfi yang juga selaku Direktur PT Tunggang Parangan Kutai Kartanegara  (Perseroda) ini secepatnya akan membentuk tim formatur dan struktur keanggotaan pengurus Forum PRB Kukar.  “Secepatnya dibentuk agar segera dirilis yang nanti akan diadministrasikan untuk di SK-kan oleh pemerintah, target bulan Juli ini bisa selesai,” tutup Bapak Awang Luthfi.

Editor: Aspian Nur

Copyright: terpilih aklamasi awang lutfi pimpin forum prb kukar | korankaltim.com